Perlukah Makan Sebelum Olahraga Agar Berat Badan Turun?

Liputan6.com, Inggris Perlukah makan sebelum olahraga agar berat badan lekas turun? Pertanyaan ini telah lama diperdebatkan para ilmuwan. Dan peneliti dari University of Bath, Inggris, mengungkap hal tersebut. 

Studi yang dipublikasikan di American Journal of Physiology ini melibatkan sekelompok pria dengan kelebihan berat badan. Mereka diminta berjalan selama 60 menit dengan kondisi perut kosong. Dalam sesi lain, mereka diberikan sarapan tinggi karbohidrat dua jam sebelum olahraga.

Untuk mengukur hasil temuan, peneliti mengambil beberapa sampel darah dan jaringan lemak. Peserta yang makan sebelum olahraga ternyata jaringan lemaknya sibuk merespons makanan saat olahraga berlangsung dibandingkan peserta yang olahraga dengan perut kosong.

Artinya, olahraga yang diharapkan memperbaiki kualitas jaringan lemak tubuh menjadi tidak tercapai. Serta peserta kurang memeroleh manfaat kesehatan dalam jangka panjang, sebagaimana dilansir dari Pulse, Rabu (10/5/2017).

Temuan lain, ada dua gen pada tubuh bernama PDK4 dan HSL meningkat setelah berpuasa dan berolahraga. Namun, kedua gen ini menurun bila peserta makan dan olahraga.

Melihat hal tersebut, peneliti menyimpulkan, olahraga dengan perut kosong tidak membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Terimakasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk kembali

Perlukah Makan Sebelum Olahraga Agar Berat Badan Turun? | hobi | 4.5

Leave a Reply